Tips Menyelamatkan HP Yang Terendam Air

Wantekno.Com – Handphone atau HP sudah menjadi barang yang biasa bagi masyarakat kita. Saat ini perangkat yang dulunya menjadi kebutuhan sekunder atau bahkan tersier ini menjadi kebutuhan primer. Bahkan tak jarang dalam satu rumah ada lebih dari satu buah ponsel. Masalah HP yang terkena air atau terendam sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Banyak pula yang sampai mengalami kerusakan pada ponsel mereka. Sebeneranya apabila anda tahu cara mengatasi hp yang terendam maka HP anda akan selamat.

HP Terendam air, hp jatuh ke air

Salah satu penyebab kerusakan HP yang terendam air adalah penyebab konsleting listrik yang terjadi pada komponen-komponen di dalamnya. Ini di akibatkan karena pemiliki HP dengan tidak sabar langsung menyalakan ponsel mereka sehingga cairan yang masuk ke dalam komponen bisa mengakibatkan konsleting listrik dan memperparah keadaan. Untuk itu beberapa penanganan berikut ini perlu anda lakukan :

Tips Menyelamatkan HP Yang Terendam Air

1. Ambil segera mungkin HP yang Terendam

Ketika HP anda jatuh masuk kedalam air, sesegera mungkin ambil HP anda yang terendam. Hitungan menit kadang menentukan mati dan tidaknya ponsel.  Namun yang harus diperhatikan adalah jangan pernah ambil HP yang masih terhubung dengan charger karena akan ada arus listrik yang dapat membahayakan nyawa anda.

Advertisement

2. Segera keringkan ponsel dengan handuk atau kain, lepas semua casing penutup

Ketika sudah diambil dari air yang terendam segera cari handuk atau kain untuk mengeringkan ponsel. Lepas semua casing penutupnya dan biarkan hingga semuanya benar-benar kering. Keringkan hingga ke setiap sudut-sudut perangkat dari air yang mungkin masuk.

3. Keluarkan memori dan kartu SIM

Kartu SIM dan memori yang terkena air terutama pada bagian metal kontak yang bisa terjadi korosi yang bisa merusak memori dan kartu SIM anda. Data-data yang terdapat pada kartu SIM dan memori kadang lebih penting dari HP itu sendiri.

4. Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)

Untuk membersihkan ponsel dari cairan yang masuk, anda juga bisa memakai vacuum cleaner. Berishkan dan keringkan sampai benar-benar kering.

5. Keringkan dengan bahan penyerap air.

Anda juga dapat mengeringkan ponsel dengan bahan penyerap air, seperti besar misalnya. Ini dilakukan apabila hp tidak bisa dikeringkan dengan vacuum cleaner atau terik sinar matahari.

6. Bawa ke tempat servis

Apabila anda masih ragu atau memang ada masalah pada ponsel anda, misal tidak bisa membuka casing ponsel. Segera bawa ke tempat servis untuk dilakukan penanganan. Jangan sampai menunda karena cairan yang masuk bisa menyebabkan korosi pada komponen-komponen.

Nah itulah tadi beberapa Tips Menyelamatkan HP Yang Terendam Air.

Semoga membantu.

Berikan Komentar Anda

comments

Tips Menyelamatkan HP Yang Terendam Air | Wawan Setiawan | 4.5