Tips Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

Tips Cara Mengatasi Android Restart Sendiri – Salahsatu masalah yang sering muncul pada sebuah perangkat berbasis Android OS adalah terjadinya restart sendiri (otomatis) tanpa keinginan pengguna. Banyak hal yang dapat menyebabkan ini. Sebagian mudah diatasi sedangkan sebagian lainnya cukup rumit bahkan mungkin tak dapat ditolong. Versi OS dan jenis hardware dari ponsel atau tabletnya pun bisa jadi sangat berpengaruh. Jika Anda salahsatu yang sedang mengalami hal tersebut, beberapa cara mengatasi Android restart di bawah ini mudah-mudahan dapat membantu menyelesaikannya.

Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

  1. Periksa keadaan baterai

Jika perangkat Android Anda menggunakan baterai yang dapat dilepas (removable), maka periksalah apakah keadaannya longgar atau tidak. Terkadang keadaan penampang dari casing bisa menjadi longgar sehingga membuat baterai mudah bergeser dan menyebabkan ponsel atau tablet me-restart sendiri.

Jika masalahnya ada pada penempatan baterai, Anda dapat menambahkan beberapa helai kertas yang direkatkan pada bagian dalam tutup casing. Selain itu, jika masalahnya ada pada bentuk dari baterai itu sendiri, maka cara terbaik adalah dengan menggantinya.

  1. Perangkat terlalu panas

Terlalu panas atau overheating mungkin menjadi penyebab lain terjadinyaAndroid restart sendiri. Biasanya, untuk beberapa jenis perangkat Android, terdapat sebuah sistem yang dirancang sebagai alarm untuk mematikan perangkat secara otomatis ketika terjadi peningkatan suhu.

Peningkatan suhu panas sendiri dapat terjadi akibat banyak hal. Mulai dari penggunaan aplikasi secara berlebihan (multitasking), pemakaian internet menggunakan jaringan 4G, penggunaan GPS ataupun tingkatan cahaya.

Dalam keadaan seperti ini, sebenarnya bukan masalah ketika perangkat ponsel atau tablet Anda melakukan restart otomatis. Hal tersebut bahkan adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah mulai merubah pola pemakaian. Anda harus tahu bagaimana OS, mesin, RAM dan hal-hal lainnya pada perangkat Anda, sehingga tidak menggunakannya lebih dari kemampuan yang dimiliki.

  1. Penggunaan aplikasi di belakang layar

Penyebab lainnya yang mungkin terjadi adalah aplikasi yang bergerak aktif di belakang layar. Hal ini biasanya membuat sistem menjadi rusak karena beban yang berat. Ketika Anda melakukan multitasking, mesin tidak hanya mudah panas namun juga berpikir lebih banyak. Hal tersebut memungkinkan perangkat terpaksa mematikan dirinya sendiri secara otomatis dan acak.

Untuk mengatasi hal ini, manajemen aplikasi yang baik sangatlah diperlukan. Anda dapat memulainya dengan melakukan uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan, termasuk game.

  1. Sistem software rusak

Penyebab selanjutnya adalah dikarenakan sistem perangkat lunak yang rusak. Ketika Anda menggunakan suatu kostum, misalnya saja Android ROM, maka mungkin saja hal tersebut mempengaruhi performa dari perangkat.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memperbaikinya kepada ahli atau melakukan format ulang dengan pergi ke bagian “Settings”> “Backup & reset” > Reset device”. Cara ini tentunya membuat ponsel atau tablet Anda kembali seperti saat baru dari pabrik.

  1. Cacat pada hardware

Jika 4 poin di atas belum juga berhasil sebagai cara mengatasi Android restart, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada hardware (perangkat keras). Jadi, sepertinya Anda harus benar-benar pergi ke tempat service langganan.

loading...
Tips Cara Mengatasi Android Restart Sendiri | Balqish Annur Qaishah | 4.5