Bagaimana Cara Overclock Android Smartphone?

Bagaimana Cara Overclock Android Smartphone – Para pengguna Android terkadang merasa tidak puas dengan performa Android berdasarkan pengaturan pabrik. Salah satunya bila ingin memainkan game yang membutuhkan spesifikasi cukup tinggi. Overclock menjadi cara meningkatkan kinerja perangkat Android. Lalu bagaimana cara overclok Android?

Sebelum itu, perlu diketahui dulu apa itu overclock. Overclock merupakan cara meningkatkan frekuensi (clock) pada processor Android. Peningkatan frekuensi ini memungkinkan operasi prosesor dibuat lebih cepat atau lebih lambat dari pengaturan pabrik. Overclock dilakukan dengan mengubah parameter sistem Android sehingga sesuai dengan yang diharapkan.

Bagaimana Cara Overclock Android Smartphone

Hasil overclock memungkinkan user mendapatkan performa yang lebih baik, peningkatan kecepatan, meningkatkan RAM, dan menghilangkan lag. Cara ini memang membuat baterai lebih boros dan panas lebih banyak.

Setiap HP Android memiliki cara overclok berbeda-beda. Beberapa tidak dapat di-overclock karena memang sudah begitu pengaturannya dari pabrik. Ada dua hal yang perlu dipersiapkan dulu sebelum melakukan overclock android: pertama, gadget harus sudah dalam berstatus rooted. Artinya perangkat Android sudah di-root. Kedua, kita harus memanfaatkan software pendukung. Barangkali juga akan dibutuhkan CWM Recovery,file Kernel, maupun Custom ROM seperti CyanogenMod.

Ada banyak software pendukung yang dapat digunakan untuk membantu overclock Android. Salah satunya adalah SetCPU. Dengan software ini, pengguna dapat mengelola prosesor dalam keadaan tertentu. di menu ‘profile’ misalnya, kita bisa mengatur aplikasi mana yang berjalan saat suhu telepon naik, sedang sleep, dan lain-lain. Menu yang secara langsung mengatur frekuensi prosesor adalah ‘governor’.

Set CPU tentu bukan satu-satunya aplikasi untuk melakukan overclock android. Ada juga aplikasi gratis seperti AnTuTu CPU Master. Aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan antara lain No-frills CPU Control, Tegrak Overclock, dan CPU Tuner.

Ada beberapa parameter yang bisa dimodifikasi saat overclock. Di antaranya Min CPU Speed, Max CPU Speed, I/O scheduler, Scaling/Governor, Power state/voltage. Kita bisa melakukan overclock sesuka hati, namun tetap harus bijak. Jangan sampai prosesor menjadi rusak karena melakukan overclock terlalu berlebihan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara overclock Android. Langkah teknisnya memang tidak dibahas, karena setiap HP mungkin saja berbeda-beda. Yang penting, kita tahu prinsipnya.

loading...
Bagaimana Cara Overclock Android Smartphone? | Balqish Annur Qaishah | 4.5