Fungsi Root Pada Smartphone Android

Fungsi Root Pada Smartphone Android – Pada Android, root atau akar merupakan inti dari sistem operasi Android. Ia merupakan system account yang memiliki akses penuh mengendalikan seluruh file dan aplikasi pada HP. Karena pentingnya fungsi root Android ini, pengguna tidak dapat mengakses root dengan pengaturan pabrik. Rooting menjadi proses yang dilakukan oleh para pengguna Android untuk mendapatkan akses penuh ini. Proses ini serupa dengan jailbreaking pada produk-produk Apple.

Jadi, pada dasarnya fungsi root Android bagi para pengguna Android adalah agar ia dapat memodifikasi file dan aplikasi. Dengan akses itu, kita dapat menambah, menghapus, mengubah, hingga merusak apapun yang terdapat pada sistem ponsel Android. Jika diserupakan dengan sistem operasi Windows, akun root serupa dengan akun administrator. Jadi, dengan rooting, kita mendapatkan hak akses dari sekedar user menjadi administrator yang mengelola secara penuh sistem operasi.

Fungsi Root Pada Smartphone Android

Lebih lanjut berikut beberapa fungsi root Android bagi pengguna:

  1. Memiliki akses penuh terhadap ponsel (Superuser)

Root membuat pengguna dapat secara bebas memodifikasi Android. Tidak heran bila system account ini diproteksi, agar tidak menimbulkan risiko buruk terhadap ponsel.

  1. Meningkatkan kinerja dan performance perangkat Android

Peningkatan kinerja Android dapat dicapai dengan proses bernama overclock. Overclock hanya bisa dilakukan jika ponsel sudah di-rooted terlebih dahulu sebelumnya.

  1. Mempermudah pengelolaan file dan data

Semua data pribadi dapat dikelola dengan mudah. Kita bisa menyimpan berbagai file ke komputer maupun SdCard, seperti musik, video, pengaturan, kontak, dan aplikasi.

  1. Askes memindahkan Apk dari ponsel ke SdCard

Kita tidak dapat memindahkan aplikasi ke SD card jika perangkat Android belum di-root. Bila kita sudah mendapatkan akses ke root, hal tersebut bukan masalah lagi. Kita bisa memindahkan aplikasi menggunakan bantuan software seperti mount2SD atau link2SD.

Fungsi root Android tentunya lebih banyak daripada yang telah disebutkan di atas. Akses penuh memungkinkan kita mengatasi hal-hal yang selama ini membatasi penggunaan ponsel kita. Rooting membuat kita bisa menjelajahi sistem android lebih bebas. Dengan demikian, pengetahuan mengenai android juga akan semakin bertambah.

loading...
Fungsi Root Pada Smartphone Android | Balqish Annur Qaishah | 4.5