Tips dan Cara Mengatasi Android Bootloop

Tips dan Cara Mengatasi Android Bootloop – Bootloop merupakan masalah yang terjadi pada perangkat lunak Android. Biasanya terjadi karena terdapat kerusakan pada sistem Android. Keadaan ini ditandai dengan gagalnya startup pada smartphone. Android hanya berhenti pada logo Android atau vendor HP saat booting dan tidak bisa masuk ke menu home. Kalau ini terjadi, tidak perlu langsung kebingungan. Ada cara mengatasi Android bootloop yang terbukti berhasil.

Sebelum melakukan penanganan lebih jauh, perlu diketahui bahwa bootloop ada beberapa macam. Secara umum dapat dibedakan menjadi dua macam, tergantung dari tingkat kerusakannya, yaitu bootloop ringan dan bootloop berat. bootloop ringan sifatnya hanya sementara, sedangkan bootloop parah terjadi secara permanen walaupun sudah berusaha masuk ke sistem berkali-kali.

Tips dan Cara Mengatasi Android Bootloop

Sekalipun hanya sementara bootloop ringan tetap membutuhkan penanganan. Kalau dibiarkan bisa parah juga suatu saat. Cara mengatasi android bootloop ringan juga tidak sulit. Caranya, lepaskan kartu SIM, kartu memori, maupun baterai. Lalu biarkan Android sekitar 30 menit hingga 1 hari. Kemudian pasang kembali perangkat-perangkat yang sebelumnya dilepas. Coba nyalakan. Kalau bootloop masih terjadi, berarti perlu cara berikutnya.

Ada langkah-langkah bersifat teknis untuk mengatasi Android yang bootloop parah:

  1. Mengembalikan Android ke pengaturan pabrik merupakan salah satu cara mengatasi Android bootloop Untuk itu, harus masuk ke mode Recovery. Caranya, tekan tombol Power + Volume Up + Home. Beda merek kemungkinan beda pula caranya.
  2. Kalau sudah berhasil masuk ke Recovery Mode, pilih opsi ‘Wipe data/factory reset’. Untuk melakukannya, pakai tombol volume agar kursor bergerak, dan tombol power untuk memilih sebuah opsi.
  3. Arahkan kursor ke opsi Yes – delete all user data. Setelah dieksekusi, perangkat akan memulai proses reset. Ada perangkat Android yang memberikan informasi bahwa proses telah selesai, ada pula yang langsung melakukan restart. Bagi perangkat yang tidak melakukan restart secara otomatis, arahkan kursor ke reboot system now.
  4. Jika Android berhasil direstart berarti masalah bootloop sudah berhasil di atasi. Langkah terakhir pada cara mengatasi android bootloop relatif lebih mudah. Cukup lakukan pengaturan kembali akun, download aplikasi, atau restore data kalau sebelumnya pernah melakukan backup data.
loading...
Tips dan Cara Mengatasi Android Bootloop | Balqish Annur Qaishah | 4.5