Cara Mengatasi Smartphone Android Mati Total

Cara Mengatasi Smartphone Android Mati Total – Salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada perangkat Android adalah Android tidak mau menyala lagi, alias mati total. Kita yang tidak terlalu paham dengan Android mungkin segera membawanya ke service center. Tapi tunggu dulu, ada kok cara mengatasi Android mati total. Beberapa di antaranya dibahas berikut ini.

Cara pertama, lepaskan semua perangkat yang menempel pada Android, baik itu SIM Card, kartu memori, baterai, maupun perangkat lainnya. Tunggu sampai sekitar 20 menit, pasang kembali perangkat yang dilepas tadi lalu nyalakan Android. Kalau perangkat Android berhasil dinyalakan, masuk ke mode download dan lakukan flashing segera.

Cara Mengatasi Smartphone Android Mati Total

Jika cara mengatasi Android mati di atas tidak berhasil, coba colokkan Android ke komputer menggunakan kabel USB. Sebelumnya, lepaskan dulu baterai, SIM card, maupun kartu memori. Tekan tombol power, volume up, dan volume down sampai terdengar bunyi ‘beep’ pada komputer. Kalau bunyi tidak terdengar, tekan ketiga tombol tersebut selama 1-3 menit, kemudian pasang baterai. Coba segera masuk ke mode download. Kalau berhasil, lakukan flashing segera.

Kalau cara kedua belum berhasil juga, coba biarkan perangkat Android sekitar 2-3 hari tanpa kartu SIM, kartu memori, dan baterai. Kemudian coba nyalakan perangkat Android. Kalau berhasil dan masuk ke mode download, lakukan flashing segera.

Kalau ketiga cara di atas belum juga berhasil, bisa dengan bantuan software bernama One Click Unbrick. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Gunakan komputer yang telah terinstal program Java.
  2. Download software bantunya, One Click Unbrick.
  3. Colokkan kabel data yang tersambung dengan perangkat Android ke komputer.
  4. Jalankan software yang telah diunduh sebelumnya.
  5. Klik ‘unsoft brick’ pada software. Tunggu sampai pesan error muncul. Setelah itu pilih opsi ‘Resolution Center’.
  6. Klik menu ‘extract current folder’ pada folder heimdall.
  7. Copy file ‘one click loader’ dan ‘one click unbrick’ yang telah didownload ke folder heimdall.
  8. Klik kanan ‘one click loader’, pilih opsi ‘run as administrator’.
  9. Klik lagi menu ‘unsoft brick’. Pesan error akan muncul. Biarkan pesan tersebut.
  10. Lakukan restart pada komputer.
  11. Lepaskan kabel data, kemudian lepaskan juga kartu SIM, kartu memori maupun baterai.
  12. Pasang kembali baterai saja. Lalu masuk ke mode download dengan cara menekan tombol home + power + volume bawah. Kalau berhasil segera lakukan flashing.

Cara mengatasi Android mati total di atas berhasil pada beberapa perangkat Android. Ada kemungkinan spesifikasi berbeda membutuhkan cara berbeda. Masalahnya juga bisa jadi tidak terletak pada software, tapi hardware. Kalau begitu, tentu harus dibawa ke teknisinya langsung.

loading...
Cara Mengatasi Smartphone Android Mati Total | Balqish Annur Qaishah | 4.5