Cara Mudah Unroot Smartphone Android

banner kuotatermurahcom

Cara Mudah Unroot Smartphone Android – Istilah root sudah dikenal oleh sebagian besar pengguna android. Kondisi ponsel yang telah di root akan memungkinkan hak akses tertinggi didapatkan oleh para pengguna smartphone. anda bisa melakukan banyak hal dengan ponsel yang telah mengalami rooting. Mulai dari menghapus aplikasi sistem, blokir iklan, hingga melakukan tweak. Jika anda ingin kembali ke pengaturan pabrik atau melakukan update OS maka smartphone harus dalam kondisi Unroot.

Proses Unroot ini bisa anda lakukan dengan beberapa cara mudah. Mulai dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga hingga melakukannya secara manual. Ponsel dalam kondisi yang telah di-root akan kehilangan masa garansi, lebih mudah terserang virus, hingga membuat harga jual second nya turun drastis. Bagi yang ingin mengembalikan perangkat ke mode semula, berikut ini beberapa cara unroot ponsel android yang bisa anda coba berikut ini.

Cara Mudah Unroot Smartphone Android

Cara Unroot Smartphone Android

1. Unroot Manual

Unroot bisa dilakukan dengan metode manual. Yakni dengan masuk ke aplikasi File Explorer di ponsel anda. Aplikasi tersebut bisa anda dapatkan di Play Store dan variannya cukup banyak. Mulai dari ES File, Root Explorer, dsb. Kemudian arahkan ke folder “/system/bin” dan ”/system/xbin”. Di dalam dua folder tersebut carilah file dengan nama “su” kemudian hapus file tersebut. Setelah itu, lanjutkan dengan menghapus aplikasi root. Anda bisa masuk ke folder “/system/app/” kemudian cari aplikasi root seperti “Superuser.apk” setelah itu hapus file tersebut. Kemudian lakukan restart perangkat.

2. Menggunakan SuperSU

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi SuperSU yang berfungsi mengelola izin aplikasi root di smartphone. Cara menggunakan aplikasi satu ini adalah dengan masuk ke aplikasi. Kemudian masuk ke menu settings. Ketuk pilihan “Full unroot” di sub menu Cleanup. Setelah itu tekan tombol “Continue” dan jendela konfirmasi akan tampil. Setelah proses tersebut restart smartphone anda dan lihat hasilnya. Jika SuperSU tidak membawa perubahan signifikan, anda bisa mencoba Universal Root sebagai pilihan aplikasi lainnya.

3. Install Ulang Smartphone

Selain itu, anda juga bisa mencoba menginstall ulang smartphone jika ingin mendapatkan hasil yang lebih praktis. Install ulang Operating System agar kondisi ponsel kembali seperti semua. Cara satu ini mesti menggunakan PC. Biasanya vendor smartphone akan menyediakan software khusus untuk melakukan install ulang. Unroot dengan cara menginstall ulang software memiliki tingkat keberhasilan tinggi sehingga anda wajib untuk mencobanya.

4. Menggunakan Aplikasi KingRoot

Install aplikasi KingRoot untuk memudahkan anda dalam Unroot smartphone android. Masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih opsi Uninstall KingRoot. Setelah meng-klik menu tersebut, secara otomatis anda akan mendapati pop-up yang berisi “Remove Root Permission”. Tekan tombol “Clear” kemudian proses Unroot akan berjalan. Jangan panik ketika ponsel melakukan restart sendiri karena merupakan salah satu tanda bahwa proses unroot berhasil.

Demikian beberapa cara mudah melakukan unroot pada smartphone android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

loading...
Cara Mudah Unroot Smartphone Android | Makka El Fatih Setiawan | 4.5