5 Fakta Bayi Sungsang yang Harus Anda Tahu

banner kuotatermurahcom

Bagi para ibu, pastinya sudah tak asing dengan namanya bayi sungsang. Dimana kondisi ini lebih gampang dikenal dengan posisi kepala bayi berada diatas, sementara posisi kakinya berada dibawah.

Tentu kondisi ini tidak aman jika bunda ingin melakukan proses persalinan secara normal, karena jika ingin melakukan proses persalinan normal kepala bayi harus berada dibagian bawah, sehingga akan lebih mudah untuk mengeluarkan janin nanti.

5 Fakta Bayi Sungsang yang Harus Anda Tahu

Meskipun resiko untuk mengalami bayi sungsang ini sangat kecil, namun tidak ada salahnya jika para bunda ini tahu lebih dalam tentang bayi sungsang agar nantinya hal tersebut bisa dihindari. Nah berikut ini, kami berikan informasi tentang 5 fakta bayi sungsang yang harus anda tahu, apa saja itu? Langsung saja cari tahu jawabanya dibawah ini.

Diketahui Sungsang setelah usia kandungan lebih dari 35-36 Minggu

Bayi didalam kandungan belum bisa disebut sungsang jika usia kandungan belum memasuki 35-36 minggu. Sebelum itu, bayi memang bakal terus berputar dan akan terus berganti posisi, dan setelah itu seharusnya posisi bayi berada di posis Normal yakni kepala berada di bawah. Dan jika anda mendapati posisi Bayi SungsangĀ  di usia kehamilan 34 Minggu atau kurang, maka nantinya bayi masih bisa dirangsang agar bisa ke posisi normalnya.

Lebih Aman Kelahiran Dengan Operasi Caesar

Jika memang sudah dipastikan Bayi Sungsang maka alangkah baiknya untuk mengambil langkah operasi Caesar demi keselamatan ibu dan sang buah hati. Karena posisi bayi Sungsang ini adalah kaki berada dibawah dan kepalanya diatas, dan hal ini menyulitkan para bidan untuk mengeluarkannya. Dengan memilih operasi Caesar, maka bisa mengurangi resiko kematian Perinatal ataupun Neonatal.

Dipastikan Melalui USG

Nah untuk memastikan Bayi Sungsang apa tidak, satu-satunya metode untuk melihatnya adalah dengan menggunakan USG (ultrasonography). Meskipun begitu, seperti yang dilaporkan oleh Baby Center, jika ada sejumlah cara untuk memastikan janin dalam posisi normal maupun tidak.

Misalnya, jika anda merasakan ada sebuah benjolan pada bagian kanan dan kiri perut, tekanlah dengan sangat lembut. Jika nantinya merasa bayi menggerakkan seluruh badannya, maka bisa diartikan jika posisi bayi anda normal. Cara lainnya, adalah anda merasakan sesuatu yang keras pada bagian tulang organ intim, kemungkinan itu bisa kepala janin anda.

Bayi Sungsang Jarang Sekali Terjadi

Seperti yang dilaporkan oleh laman Health Line, dimana hanya ada 3-4 persen ibu hamil saja yang mengalami Bayi Sungsang hingga menjelang hari kelahirannya. Sebagian besar atau pada umumnya bayi yang ada didalam kandungan kepalanya sudah berada di posisi bawah disaat usia kandungan 35-36 Minggu.

Posisi Sungsang Bisa Beragam

Perlu diketahui ya bunda, untuk posisi Bayi Sungsang ini tidak hanya satu, namun ada tiga posisi bayi Sungsang yang perlu anda ketahui. Ada yang naanya Frank Breech, dimana posisi bokong janin berada dibawah, sementara itu untuk tungkainya berada dibagian atas hampir menyentuh teinganya.

Ada juga yang namanya Incomplete Breech, dimana bayi sungsang ini posisi kaonua berada diatas kaki lainnya (sungsang tidak sempurna). Dan yang terakhir ada namanya Complete Breech, dimana posisi sungsang ini sempurna dengan bokong janin berada daiatas mulut Rahim sementara kedua kakinya ini terlipat secara sempurna didalam perut bunda.

Nah itu tadi 5 fakta soal bayi Sungsang yang harus anda tahu. Dengan begini maka anda pun bisa memastikan atau minimal berjaga-jaga agar nantinya posisi janin tidak sungsang sehingga anda bisa melahirkan secara normal nantinya. Cukup sekian ulasan dari kami kali ini semoga bermanfaat.

 

Berikan Komentar Anda

comments

loading...
5 Fakta Bayi Sungsang yang Harus Anda Tahu | Nie Na | 4.5