Kelebihan dan Kelemahan Kusen Aluminium Dengan Kusen Kayu

banner kuotatermurahcom

Setiap rumah pastinya memiliki kusen. Akan tetapi setiap rumah menggunakan kusen yang berbeda-beda, ada yang menggunakan kusen aluminum dan ada pula yang menggunakan kusen kayu. Lantas apa kelebihan dan kelemahan kusen aluminium dengan kusen kayu tersebut?

Perlu dipahami, kusen adalah sebuah frame atau rangka yang biasanya digunakan untuk meletakkan kaca. Antara kusen aluminium dan kusen kayu mana yang paling banyak diminati? Bicara tentang banyaknya peminat, jelas kusen dengan bahan aluminium lah yang paling banyak diburu saat ini.

Kelebihan Dan Kelemahan Kusen Aluminium Dengan Kusen Kayu

Selain harganya yang murah, kini juga ada banyak sekali model kusen aluminium yang memiliki desain menawan dan bergaya modern. Disamping itu saat ini juga banyak rumah yang menggunakan kusen aluminium dan kaca. Dan berikut adalah kelebihan dan kelemahan kusen aluminium dengan kusen kayu.

Kelebihan kusen aluminium

  1. Tidah dimakan rayap
  2. Bahan aluminum tidak mudah keropos, selain itu juga tahan lama dan tidak mudah kusut
  3. Tidak akan menyusut
  4. Tidak mengelami perubaan bentuk seperti halnya kayu yang dapat melengkung akibat perubahan cuaca.
  5. Kusen berbahan aluminum dapat dicat sesuai selera.
  6. Bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan
  7. Biaya yang lebih murah

Kekurangan kusen aluminium

  1. Walau bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan akan tetapi untuk bentuk kusen aluminum sangat terbatas.
  2. Cara pemasangan yang cukup rumit. Dimana harus menggunakan sekrup yang dilekatkan dengan dinding kemudian harus dipasangkan lagi dengan prsisi dan di plester bagian tepinya supaya tidak kebocoran.
  3. Sambungan yang kurang dapat membuat air mudah masuk melalui celah kusen.

Kelebihan kusen kayu

  1. Memiliki bentuk yang lebih banyak. Mulai dari model tradisional. Modern, klasik hingga model minimalispun juga tersedia.
  2. Kusen kayu membuat rumah terlihat lebih natural dan klasik
  3. Bisa digunakan untuk segala model rumah
  4. Material yang lebih kuat. Untuk kusen kayu biasanya menggunakan kayu jati, kayu ulin atau kayu kaper yang sudah melalui tahap pengolahan dengan baik.

Kekuraangan kusen kayu

  1. Mudah dimakan rayam
  2. Cara perawatan yang harus dilakukan dengan baik
  3. Saat ini sulit sekali mencari kayu dengan kualitas bagus
  4. Harganya lebih mahal daripada kusen aluminium

Sebetulnya kekurangan dan kelemahan kusen aluminum dengan kusen kayu ini bisa disiasati dengan konsep bangunan itu sendiri. Dan tidak semua bangunan menggunakan kusen aluminium atau kayu. Jika anda ingin mendirikan sebuah bangunan dengan konsep minimalis bisa menggunakan kusen aluminium.

Kusen aluminium sendiri memiliki 2 macam sistem finishing yaitu sistem anaodized dan powder coating.  Tidak hanya tersedia dalam 2 jenis finishing, kusen aluminium saat ini juga sudah tersedia beraneka ukuran dan ketebalannyapun juga beragam .

Selain untuk kaca kusen aluminium juga bisa digunakan untuk pintu kaca, kanopi, hingga skylight kaca.  Saat ini sebagian rumah di Indonesia khususnya banyak yang menggunakan kusen dari aluminium. Selain bahannya yang ringan dan mudah didapat, harganyapun juga lebih murah.

Bukannya tidak boleh menggunakan kusen kayu, akan tetapi kembali lagi ke kondisi alam kita saat ini. Dimana saat ini semakin hari kondisi alam kita semakin terpuruk, apabila kita menggunakan kusen dari kayu maka hal tersebut pastinya akan semakin memperburuk dan juga akan mengurangi jumlah kayu yang ada di hutan.

Kondisi tersebut juga akan memberikan dampak buruk pada ekosistem seperti pemanasan global, terjadinya banjir, tanah longsor, sampai erosi.

Nah Itu tadi sedikit informasi tentang kelebihan dan kelemahan kusen aluminium dengan kusen kayu yang telah kami siapkan khusus untuk anda. semoga informasi tadi bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda nantinya, terima kasih.

Berikan Komentar Anda

comments

loading...
Kelebihan dan Kelemahan Kusen Aluminium Dengan Kusen Kayu | Nie Na | 4.5