Tutorial dan Cara Root Samsung Galaxy Chat

Tutorial dan Cara Root Samsung Galaxy Chat – Di antara beberapa smartphone Android keluaran vendor Samsung, cara root Samsung Galaxy Chat termasuk yang paling ribet. Ini karena Samsung memproteksi agar smartphone Android ini tidak bisa di-root. Itu berarti, kita perlu menghapus proteksi itu dulu baru melakukan root.

Ada ciri-ciri tertentu yang menunjukkan Samsung Galaxy Chat diproteksi atau tidak. Jika ponsel diproteksi, maka tulisan di mode recovery berwarna biru dan kita akan selalu gagal setiap kali ingin menginstal Zip di mode tersebut. Sebaliknya, kalau proteksinya sudah hilang, tulisan di mode recovery akan berwarna merah dan dijamin selalu sukses kalau mau instal file Zip.

Tutorial dan Cara Root Samsung Galaxy Chat

Berikut langkah-langkah dalam cara root Galaxy Chat :

  1. Persiapkan dulu beberapa file berikut: Odin, Recovery, Root Package Samsung Galaxy Chat, PIT.
  2. Setelah file-file di atas diunduh, ekstrak tiga file, Recovery, Odin, dan PIT. Letakkan di satu folder. Catatan, file Recovery akan bernama tar.md5 setelah di ekstrak. Sementara, letakkan Root Package Samsung Galaxy Chat di SDcard, tanpa folder.
  3. Matikan HP
  4. Masuk ke mode download. Tekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan.
  5. Hubungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB.
  6. Buka file Odin, pastikan kotak berwarna kuning muncul di bawah ID:COM
  7. Di layar Odin ada beberapa pilihan untuk input file, seperti Phone, Bootloader, CSC, dan PDA. Klik pada PDA, kemudian masukkan file tar.md5 hasil ekstrak dari Recovery.
  8. Klik start untuk memulai flashing. Setelah selesai, saatnya untuk flashing Root Package Samsung Galaxy Chat.
  9. Matikan ponsel, masuk ke Recovery mode dengan menekan tombol Home + Power + Volume Up
  10. Pilih apply update from sd card. Gunakan tombol volume untuk navigasi, gunakan tombol Home untuk eksekusi.
  11. Temukan file zip Galaxy chat Root.zip yang tadi sudah disalin ke SDcard
  12. Tekan tombol Home untuk memulai proses root. Tunggu hingga proses selesai.
  13. Pilih opsi reboot now, hidupkan ponsel. Periksa apakah aplikasi SuperUser sudah terinstal. Kalau sudah, berarti proses rooting telah berhasil.

Catatan: Ada kemungkinan proses rooting gagal. Kalau itu yang terjadi, coba instal firmware Polandia. Langkah-langkahnya tetap sama dengan di atas. Tambahannya, ekstrak file firmware Polandia sehingga menghasilkan file BOOT. Kemudian di layar Odin, masukkan file BOOT tersebut di bootloader. Isi opsi Phone dengan Modem. Isi CSC dengan CSC.

Mereka yang pernah melakukan root pada ponsel Android lain barangkali akan merasakan bagaimana panjangnya proses di atas. Bagaimana pun cara root Samsung Galaxy Chat di atas tentu sebanding dengan hasilnya yang memungkinkan pengguna memiliki akses penuh.

Berikan Komentar Anda

comments

loading...
Tutorial dan Cara Root Samsung Galaxy Chat | Balqish Annur Qaishah | 4.5