Cara Merangkai Bunga Duka Secara Mandiri di Rumah

Merangkai bunga duka sendiri di rumah bukan hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menjadi cara yang pribadi dan bermakna untuk menyampaikan simpati kepada keluarga yang sedang berduka. Meskipun terlihat menantang pada awalnya, dengan beberapa langkah sederhana dan kreativitas, Anda dapat membuat rangkaian bunga yang indah dan sesuai untuk acara duka cita. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk merangkai bunga duka secara mandiri di rumah sebagaimana yang disadur dari situs Toko Bunga.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai merangkai bunga, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan:

  • Bunga utama (misalnya lilium, krisan, mawar putih)
  • Filler (daun hijau, gypsophila, baby’s breath)
  • Potongan oasis atau busa bunga (untuk menyusun bunga)
  • Pisau tajam atau gunting bunga
  • Vase atau wadah untuk menempatkan rangkaian

2. Pilih Tema dan Gaya Rangkaian

Tentukan tema atau gaya rangkaian bunga yang ingin Anda buat. Untuk bunga duka cita, gaya yang sederhana, simetris, dan elegan sering kali lebih sesuai. Anda juga dapat memilih warna bunga yang klasik seperti putih, kuning muda, atau warna lembut lainnya yang melambangkan kedamaian dan penghormatan.

3. Siapkan Bunga dan Potong Stelnya

Siapkan bunga utama yang akan Anda gunakan dan potong stelnya dengan pisau tajam atau gunting bunga. Potong stel bunga secara miring untuk meningkatkan daya serap air dan memperpanjang umur bunga.

4. Siapkan Oasis atau Busa Bunga

Letakkan oasis atau busa bunga di dalam wadah atau vas yang sudah Anda siapkan. Pastikan oasis atau busa bunga terendam air dengan baik, tetapi tidak terlalu banyak.

5. Susun Bunga dengan Estetika yang Baik

Mulailah menata bunga utama di tengah-tengah oasis atau busa bunga. Pastikan bunga-bunga tersebut terletak secara simetris dan seimbang. Gunakan filler seperti daun hijau atau baby’s breath untuk mengisi celah-celah antara bunga utama.

6. Tambahkan Sentuhan Akhir

Setelah menata bunga utama dan filler, periksa kembali rangkaian bunga Anda untuk memastikan bahwa semua bagian terlihat harmonis dan seimbang. Anda juga dapat menambahkan dekorasi tambahan seperti pita atau hiasan kecil lainnya sesuai dengan preferensi dan tema yang Anda pilih.

7. Letakkan Rangkaian dengan Tepat

Setelah selesai merangkai bunga, letakkan rangkaian tersebut di tempat yang tepat untuk dipersembahkan kepada keluarga yang sedang berduka. Pastikan rangkaian bunga ditempatkan di ruang yang tidak terlalu terkena sinar matahari langsung dan jauh dari sumber panas yang berlebihan untuk menjaga agar bunga tetap segar lebih lama.

8. Perhatikan Etika Pengiriman

Saat mengirimkan bunga duka secara mandiri, pastikan untuk mengikuti etika pengiriman yang baik. Sertakan kartu ucapan yang singkat namun tulus untuk menyampaikan simpati dan dukungan Anda kepada keluarga yang berduka.

Kesimpulan

Merangkai bunga duka secara mandiri di rumah dapat menjadi pengalaman yang berarti dan pribadi. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengambil waktu untuk memilih bahan-bahan yang tepat, Anda dapat menciptakan rangkaian bunga yang indah dan bermakna untuk menghormati almarhum dan memberikan penghiburan kepada keluarga yang sedang berduka. Merangkai bunga sendiri juga memberikan kesempatan untuk mengekspresikan rasa simpati Anda dengan cara yang unik dan personal.

Namun jika Anda kesulitan merangkai bunga duka secara mandiri di rumah, maka ada baiknya jika Anda memesan bunga duka yang sudah jadi seperti Bunga Duka Cita Oasis Lestari yang terpercaya dan berpengalaman.

Berikan Komentar Anda

comments

loading...
Cara Merangkai Bunga Duka Secara Mandiri di Rumah | Wingki | 4.5