Nokia XL, Smartphone Nokia Android Ber-Spesifikasi Jempolan

Nokia XL, Smartphone Nokia Android Ber-Spesifikasi Jempolan – Rumor panjang mengenai dirilisnya smartphone berbasis android dari Nokia akhinya usai sudah. Pasalnya pabrikan asal Finlandia tersebut baru saja mengkonfirmasikan kehadiran smartphone berbasis robot hijau, android pada awal tahun lalu. Bersama ke-3 smartphone Nokia Android lainnya seperti Nokia X dan Nokia X+ ikut berunjuk gig. Nokia XL salah satunya, smartphone ini diperkenalkan pada bulan Februari 2014 lalu. Ponsel tersebut hadir untuk kalangan menengah yang merupakan sebuah permulaan bagi Nokia untuk mengembangkan platform ponsel berbasis android.

Smartphone tersebut datang dari segmen phablet, dengan mengusung layar berukuran 5 inci resolusi 480 x 800 pixels memakai tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors dengan tingkat ketajaman layar mencapai 187 pixel per inch. Mendukung fitur multitouch untuk kenyamanan mengoperasikan ponsel.

Nokia XL

Sementara itu dari sektor dapur pacu, ditenagai sebuah prosesor Dual-core berkecepatan 1 GHz Cortex-A5 menggunakan chipset Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play yang didukung oleh pengolahan grafis dari Adreno 203 serta memori RAM sebesar 768 MB.

Platform android yang digunakan adalah OS Android v4.1.2 (Jelly Bean). Namun untuk tampilan OS Android yang ada pada ponsel Nokia tersebut berbeda dengan tampilan android pada umumnya karena Nokia telah melakukan custom pada tampilannya. Beberapa orang menyebut OS yang ada pada Nokia XL adalah Nokia X UI (Android AOSP).

Fitur-fitur yang didukung oleh smartphone Nokia XL yang satu ini tak kalah hebat dengan para pendahulunya. Sebut saja, dari sektor kamera. Disana terdapat dua buah lensa kamera di bagian belakang dan depan. Untuk kamera belakang atau kamera utama, didukung kamera beresolusi 5 mega pixel lengkap dengan fitur autofocus dan LED flash memakai lensa 1/4′ inci sensor size, panorama, face detection serta kamera sekunder di bagian depan, menggunakan lensa beresolusi 2 megapixel. Kamera depan tersebut mendukung aktifitas foto-selfie dan juga untuk aktifias video panggilan.

Menilik lebih jauh ke sisi penyimpanan data. Nokia XL nampaknya sudah cukup dengan memori internal berkapasitas 4 GB. Bagi anda yang hobi mengoleksi musik maupun video memang masih kurang lega namun tak usah khawatir karena sudah didukung oleh memori eksternal, slot microSD berkapasitas 32 GB untuk penyimpanan yang lebih luas dan mumpuni.

Seperti biasa fitur-fitur standar seperti WiFi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, Bluetooth serta microUSB untuk transfer file atau data memakai PC.

Harga Nokia XL

Dengan spesifikasi yang sudah cukup lumayan, harga Nokia XL dibanderol dengan perkiraan harga sekitar Rp. 1,8 jutaan saja. Namun hingga saat ini belum terdengar kapan akan mulai masuk ke pasaran Indonesia.

Berikan Komentar Anda

comments

loading...
Nokia XL, Smartphone Nokia Android Ber-Spesifikasi Jempolan | Wawan Setiawan | 4.5